Friday, May 1, 2009

Virus Singapura


Virus Singapura

2 minggu kemaren anak saya sakit panas, dan saya coba ukur suhu badannya mencapai 38oC. kemudian saya memberikan obat panas kepada anak saya namun di hari kedua tak kunjung sembuh dan anak tersebut tidak mau makan dan minum. Karena saya khawatir akhirnya saya bawa ke dokter, pada saat diperiksa oleh dokter ternyata anak saya terkena Virus coxsackie dan Enterovirus penyebab penyakit tangan, kaki dan mulut atau yang lebih dikenal dengan istilah “Virus Singapura” .

Dimana tanda-tanda terkena Virus tersebut adalah :

1. Badan Panas tapi suhu badannya tidak terlalu tinggi
2. Mulut Sariawan
3. Tangan dan kaki merah-merah seperti kena tampeuk dan kadang seperti cacar air
4. Mengakibatkan perih pada tanda kemerahannya
5. Anak tidak mau makan dan minum
6. Dan bisa menular dari udara dan air ludah

Akibat dari sariawan pada mulut tersebut anak menjadi rewel dan tidak mau makan sehingga badannya menjadi lemas. Sehingga pada waktu itu dokter menyarankan untuk dirawat di rumah sakit untuk beberapa hari supaya tidak menular ke saudara-saudara yang lainnya yang berada pada satu rumah dan supaya anaknya tidak kekurangan cairan.

Sebenarnya penyakit ini tidak memerlukan perawatan khusus. Pasien hanya perlu mengonsumsi obat antibiotik saja tetapi setelah 7 hari kemerahan tersebut akan hilang sendiri. Karena itu kita tidak perlu mengkhawatirkannya secara berlebihan meski tetap perlu diwaspadai. Penyakit ini kecil kemungkinannya menyebabkan kematian.

7 comments:

  1. sama FLU BABI bahaya mana ?

    ReplyDelete
  2. makasih infonya. anakku juga kena nih.

    ReplyDelete
  3. Buset dah...
    Gw baru aja kena nih...
    Pertama gw kira gabag, ga tawnya virus spore. Obatnya apaan yah?

    ReplyDelete
  4. anak saya dua yang udah kena virus singapura... dokterny gak bilang sakit apa, gmn nih klu nular ke anak sy lain pdhl msh punya balita 2 lg...

    ReplyDelete
  5. anak saya juga barusan kena neh, barusan cek ke dokter, ternyata virus spore..

    ReplyDelete